Saturday 10 October 2020

Mental Kaya adalah Kunci Mencapai Sukses

Siapa orang yang tidak ingin menjadi kaya dan mencapai kesuksesan dalam hidup ini? Baik pegawai kantoran, pebisnis, dan orang dengan profesi apapun tentu ingin memiliki kesuksesan dalam karir mereka. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa keuangan menjadi salah aspek yang mempengaruhi dan membentuk kesuksesan seseorang. Uang memang tidak berarti membuat kita selalu bahagia, namun adanya uang bisa menghindarkan kita dari ketidakbahagiaan dan kesengsaraan.

Meski begitu tentunya tidak mudah untuk dapat menjadi orang kaya dan sukses dalam waktu yang cepat, kecuali ketiban durian runtuh seperti menang undian. Perlu dilakukan berbagai usaha yang berkelanjutan dan tentunya konsisten agar dapat meraih kesuksesan dalam hidup kita. Salah satunya adalah dengan membentuk mindset atau mental kaya agar kekayaan dan kesuksesan dapat kita raih.

1. Menabung, Menabung, dan Menabung
Jika Anda berpikir bahwa orang kaya selalu menggunakan uangnya sekehendak hati dan menghambur-hamburkan kekayaannya, segera singkirkan pikiran itu sekarang juga. Orang kaya justru lebih hemat dan selalu membiasakan diri untuk menabung secara rutin dengan cara mendisiplinkan diri. Mereka bukan menabung dari sisa membeli kebutuhan, namun mendahulukan menabung baru kemudian membeli apa yang dibutuhkan.

Hal ini mungkin tampak sulit untuk dilakukan karena ada banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi. Namun jika Anda dapat mengatur budget keuangan dengan baik, menabung pun bisa menjadi kebiasaan Anda juga. Tentunya dalam budget tersebut perlu dimasukkan juga sekian persen dari penghasilan yang akan dialokasikan khusus untuk tabungan.

Dan jika Anda belum memulai untuk menabung, jangan pernah merasa terlambat untuk menabung mulai dari sekarang. Anda bisa mulai menabung dengan perencanaan sederhana seperti rekening tabungan biasa yang ditawarkan dari bank. Kemudian jika sudah mulai terbiasa, Anda bisa memperluas tujuan tabungan seperti tabungan pendidikan anak dan tabungan pensiun.

2. Memisahkan Kebutuhan dengan Keinginan
Langkah untuk membangun mental kaya selanjutnya adalah memisahkan kebutuhan dengan keinginan. Bayangkan saja jika orang yang kaya membeli semua yang dia inginkan, sebanyak apapun uangnya tentu akan bangkrut juga, bukan? Karena itu untuk mempertahankan kekayaan mereka, orang kaya mengatur keuangan secara bijak dengan memisahkan kebutuhan dan keuangan.

Hal ini juga menjadi sesuatu yang mendasar untuk dapat mengatur keuangan, yang tentunya juga akan membantu proses menabung Anda. Dengan memisahkan kebutuhan dengan keinginan, Anda akan lebih dapat berhemat karena tidak akan membeli barang yang tidak penting. Sehingga dengan begitu bagian yang Anda sisihkan untuk tabungan pun tidak akan terganggu, atau bahkan dapat bertambah jumlahnya.

3. Menyesuaikan Ekspektasi dengan Realita
Terkadang kita memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi mengenai kesuksesan, misalnya ingin cepat kaya dalam waktu sebulan. Tentu kita juga menyadari kalau hal tersebut tidak mungkin dan tidak realistis, karena segala sesuatu butuh proses. Jadi mulai sekarang cobalah untuk menurunkan ekspektasi Anda dan menyesuaikannya dengan realita.

Anda bisa menyesuaikan ekspektasi dengan menargetkan sesuatu yang lebih kecil dan sederhana namun tetap signifikan dalam keuangan. Seperti target untuk menebus cicilan hutang, mengurangi pengeluaran, atau meningkatkan jumlah tabungan bulan depan. Dengan adanya target-target kecil namun bermanfaat itu, akan muncul rasa pencapaian dalam diri Anda dan terdorong untuk meraih target yang lebih besar lagi.

4. Selalu Berpikir Positif
Hal yang selanjutnya yang perlu dilakukan untuk membangun mental kaya adalah selalu berpikir positif, melihat sisi terang dari setiap hal yang terjadi. Dalam perjalanan karir, baik bekerja di perusahaan atau berbisnis, tentu kita akan mengalami berbagai masalah. Seringkali kita kemudian merasa masalah tersebut terlalu berat hingga akhirnya menyerah untuk berusaha meraih sukses.

Karena itu sangat penting untuk selalu berpikir positif dan menyakini akan ada sisi terang yang dapat menjadi jalan keluar. Jika kita mau berhenti sejenak dan memperhatikan sekeliling dengan lebih baik, kita akan menemukan bahwa kenyataan tidak selalu membawa hal buruk. Meskipun tampaknya sulit bahkan hampir tidak mungkin, tapi akan selalu ada jalan keluar dari setiap permasalahan yang kita hadapi.

Berpikir positif bukan saja berlaku dalam membangun mental kaya, namun dalam menjalani hidup secara general. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa pikiran mempengaruhi diri kita secara keseluruhan, bahkan dapat mempengaruhi tindakan kita. Karena itu biasakanlah untuk selalu berpikir positif agar mindset kita sehat dan tindakan kita pun positif juga.

5. Bertindak Sekarang Juga
Semua langkah-langkah diatas tidak akan berarti jika Anda hanya membaca saja tanpa menerapkannya di kehidupan nyata. Banyak orang yang mempelajari berbagai teori mengenai bagaimana meraih sukses dan cepat kaya, tapi tidak banyak yang bisa mewujudkannya. Hal ini karena mereka hanya berhenti di teori saja tanpa pernah berani untuk mempratekkan apa yang selama ini dipelajari.

Menerapkan semua yang telah dipelajari memang tidak mudah, terlebih lagi realita seringkali bertentangan dengan gambaran ideal yang kita miliki. Namun hal itu jangan sampai membuat kita akhirnya menyerah sebelum berusaha dan memberikan yang terbaik. Berusaha sekuat tenaga mungkin akan sulit, tapi akan lebih sulit lagi ketika kita menyesal nantinya karena tidak berusaha sama sekali.

Itulah beberapa langkah yang perlu diterapkan untuk membangun mental kaya dan meraih kesuksesan dalam hidup. Memang bukan hal yang mudah dan cepat untuk menjadi kaya atau sukses, bahkan dengan menerapkan langkah-langkah diatas sekalipun. Namun memang segala sesuatu di dunia ini butuh proses dan tidak ada yang instan, terutama kesuksesan.